ISMAWATI, RINDIANI,205040063 (2024) ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA ANGKASA LANUD SULAIMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak, Abstract, dan Ringkesan.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab 1.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
||
Text
12. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (444kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan teknologi seiring berjalannya waktu sangatlah pesat, hal tersebut mengakibatkan aspek pendidikan tak lekang dari perkembangan teknologi tersebut. Satu dari berbagai contoh aktivitas memanfaatkan teknologi di bidang pendidikan ialah pembuatan media pembelajaran berbasis games yang menarik, kreatif, dan berinovasi, media pembelajaran pada dasarnya sangat membantu proses pembelajaran yang sedang berlangsung agar hasil belajar dapat dicapai secara efektif, maka dari itu peneliti melaksanakan penelitian tentang implementasi aplikasi ethno-edugames sangkuriang dalam pembelajaran. Tujuannya untuk mengetahui apakah aplikasi ethno-edugames sangkuriang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan ialah pre-experimental dengan one group pretest and posttest design. Sampel penelitian ini yaitu 30 peserta didik kelas X SMA Angkasa Lanud Sulaiman yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik dalam aktivitas mengumpulkan data menerapkan tes objektif berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi ethno-edugames sangkuriang dalam pembelajaran bisa memacu peningkatan hasil belajar peserta didik, dengan rata-rata pretest 56,60 dan posttest 84,80 dengan selisih dari kedua nilai rata-rata tersebut sebesar 28,20. Dimana keadaan ini menunjukkan peningkatan nilai sebelum dan sesudah pembelajaran. Dari rata-rata prestest dan posttest dapat diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,67 yang tergolong pada kategori sedang, dan bila diinterpretasi kedalam persentase yaitu 67% yang termasuk kategori cukup efektif. Berdasarkan uji paired sample t-test dengan diperbantukan SPSS 29 diperoleh nilai significance sebesar <,001 artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan berbantukan aplikasi ethno-edugames sangkuriang. Kata kunci: aplikasi ethno-edugames sangkuriang, hasil belajar, media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:50 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69851 |
Actions (login required)
View Item |