ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA ANGKASA LANUD SULAIMAN

ISMAWATI, RINDIANI,205040063 (2024) ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA ANGKASA LANUD SULAIMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak, Abstract, dan Ringkesan.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
12. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi seiring berjalannya waktu sangatlah pesat, hal tersebut mengakibatkan aspek pendidikan tak lekang dari perkembangan teknologi tersebut. Satu dari berbagai contoh aktivitas memanfaatkan teknologi di bidang pendidikan ialah pembuatan media pembelajaran berbasis games yang menarik, kreatif, dan berinovasi, media pembelajaran pada dasarnya sangat membantu proses pembelajaran yang sedang berlangsung agar hasil belajar dapat dicapai secara efektif, maka dari itu peneliti melaksanakan penelitian tentang implementasi aplikasi ethno-edugames sangkuriang dalam pembelajaran. Tujuannya untuk mengetahui apakah aplikasi ethno-edugames sangkuriang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan ialah pre-experimental dengan one group pretest and posttest design. Sampel penelitian ini yaitu 30 peserta didik kelas X SMA Angkasa Lanud Sulaiman yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik dalam aktivitas mengumpulkan data menerapkan tes objektif berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi ethno-edugames sangkuriang dalam pembelajaran bisa memacu peningkatan hasil belajar peserta didik, dengan rata-rata pretest 56,60 dan posttest 84,80 dengan selisih dari kedua nilai rata-rata tersebut sebesar 28,20. Dimana keadaan ini menunjukkan peningkatan nilai sebelum dan sesudah pembelajaran. Dari rata-rata prestest dan posttest dapat diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,67 yang tergolong pada kategori sedang, dan bila diinterpretasi kedalam persentase yaitu 67% yang termasuk kategori cukup efektif. Berdasarkan uji paired sample t-test dengan diperbantukan SPSS 29 diperoleh nilai significance sebesar <,001 artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan berbantukan aplikasi ethno-edugames sangkuriang. Kata kunci: aplikasi ethno-edugames sangkuriang, hasil belajar, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:50
Last Modified: 09 Sep 2024 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69851

Actions (login required)

View Item View Item