NURAENI AMELIA, 205020020 (2024) PENGARUH PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN JIWA WIRAUSAHA SISWA (Survei Pada Siswa Kelas X SMA Nasional Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER .pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTAK.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Nasional Bandung, (ii) sejauh mana siswa SMA Nasional Bandung telah mengembangkan jiwa kewirausahaan, (iii) apakah terdapat pengaruh peningkatan Jiwa Wirausaha siswa SMA Nasional Bandung melalui P5 tentang kewirausahaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Nasional Bandung dengan jumlah sampel 93 siswa. Hasil penelitian menunjukan: (i) penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Nasional Bandung menunjukan sudah baik, (ii) dengan data yang diperoleh, menunjukan bahwa jiwa wirausaha siswa kelas X SMA Nasional Bandung sudah baik, (iii) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mempengaruhi jiwa wirausaha siswa sebesar 65,9% dan berada dalam kategori “Kuat”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap jiwa wirausaha siswa Kelas X SMA Nasional Bandung. Penulis menyampaikan saran kepada: (i) guru semakin membuka luas kesempatan-kesempatan bagi siswa agar mengembangkan kemampuannya dalam berwirausaha dan membimbing agar tercapai siswa yang kreatif dan bergotong royong, (ii) Siswa terus berkreasi dan menggali kemampuan yang dimiliki sehingga menjadi bekal untuk diri dalam kehidupan kerja dan lingkungannya, (iii) Sekolah dapat menjadi fasilitas bagi siswa untuk terus melatih skill dengan mengadakan kegiatankegiatan yang melibatkan projek yang mengahasilkan penemuan baru atau pelestarian budaya yang ada, (iv) Orang tua senantiasa mendukung kegiatan yang diikuti anaknya di sekolah dan memberikan fasilitas untuk keperluan yang dibutuhkan serta memberikan keteladanan dalam hal kewirausahaan, (v) Pemerintah sebagai penyediaan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program P5, termasuk alokasi anggaran dan menyediakan pelatihan serta pengembangan bagi para guru lebih memamahi mengenai program P5. Kata Kunci: SMA Nasional Bandung, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Jiwa Wirausaha
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 04:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69797 |
Actions (login required)
View Item |