ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KAIN SARUNG DI DESA PADAMULYA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG

Hilman Aulia Rachman, 1440330085 and Prof. Dr.H.Horas Djulius,SE, Pembimbing (2024) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KAIN SARUNG DI DESA PADAMULYA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan-2.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sarung merupakan hasil tekstil yang digemari oleh masyarakat. Proses produksi sarung memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan. Mulai dari memintal benang, merajut benang, pemotongan benang hingga pada tahapan pengemasan produk sarung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah sarung tenun Majalaya Kabupaten Bandung. Penelitian ini difokuskan pada faktor yang mempengaruhi produksi sarung Majalaya antara lain ialah bahan baku, tenaga kerja dan modal serta proses pemasaran sarung dan produk pesaingnya. Sumber data diperoleh dari penelitian langsung ke Desa Padamulya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Jawa Barat, serta hasil wawancara. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode sampling jenuh/ sensus yaitu teknik penentuan dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukakan dengan kuisioner yang disebarkan langsung kepada pengusaha sarung sebanyak 15 kuisioner. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bahan baku, tenaga kerja dan modal berpengaruh terhadap jumlah produksi sarung. (2) Produk pesaing sarung dari luar provinsi (3) proses pemasaran sarung Majalaya masih mengandalkan media elektronik seperti facebook sehingga pangsa pasar hanya dalam provinsi Jawa Barat sedangkan pemasaran produk pesaing sarung melalui berbagai media massa elektronik seperti iklan televisi, majalah dll (3) terjadi fluktuasi penjualan sarung majalaya akibat berkembangnya produk pesaing dari luar provinsi. (4)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Studi Pembangunan 2014
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:34
Last Modified: 03 Sep 2024 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69704

Actions (login required)

View Item View Item