INTERNALISASI NILAI-NILAI SILA KE DUA PANCASILA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN AKSI PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMAN 12 Bandung)

Saputra, Kiki Hananda,205010007 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI SILA KE DUA PANCASILA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN AKSI PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMAN 12 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji internalisasi nilai-nilai sila ke dua Pancasila, sebagai upaya pencegahan aksi perundungan di lingkungan pendidikan, dengan studi kasus di SMAN 12 Bandung. Perundungan di sekolah merupakan masalah serius yang dapat mempengaruhi kesejahteraan peserta didik serta mengganggu proses belajar mengajar. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang komprehensif untuk mengatasi permasalahan ini. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk memahami proses dan bendungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab di SMAN 12 Bandung dilakukan melalui berbagai program dan kegiatan. Program pendidikan karakter, pelatihan guru, kegiatan ekstrakurikuler, serta kampanye kesadaran anti-perundungan telah berhasil meningkatkan pemahaman dan sikap positif peserta didik terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Selain itu layanan konseling dan sistem pelaporan yang efektif juga mendukung upaya pencegahan perundungan di sekolah ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai sila ke dua Pancasila efektif dalam mencegah aksi perundungan di lingkungan pendidikan. Implementasi nilai-nilai ini menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman, adil, dan beradab. Saran yang diberikan kepada sekolah untuk terus memperkuat karakter program pendidikan, meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan komunitas, serta melakukan studi komparatif dan mengembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif. Kata Kunci : Internalisasi Nilai, Sila Kedua Pancasila, Pencegahan Perundungan, Pendidikan Karakter, SMAN 12 Bandung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:20
Last Modified: 02 Sep 2024 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69684

Actions (login required)

View Item View Item