PERTANGGUNGJAWABAN PT. ASTRA HONDA MOTOR ATAS PRODUK CACAT TERHADAP OBJEK JUAL BELI DITINJAU DARI BUKU III KUHPERDATA jo UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

YOGI MAULANA, 201000192 (2024) PERTANGGUNGJAWABAN PT. ASTRA HONDA MOTOR ATAS PRODUK CACAT TERHADAP OBJEK JUAL BELI DITINJAU DARI BUKU III KUHPERDATA jo UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. Bab 1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. Bab 2.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
H. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
I. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
J. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
K. Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ekonomi dalam industri otomotif setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan permintaan pasar untuk kendaraan sepeda motor setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Dengan ini setiap pelaku usaha dan konsumen yang mengadakan perjanjian jual beli dituntut untuk melakukan hubungan hukum yang baik. Pelaku usaha harus menjamin adanya keselamatan dan keamanan dalam setiap produk yang diedarkan. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pertanggungjawaban yang dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor ketika ditemukannya produk cacat, (2) Bagaimana akibat hukum yang ditimbulkan dari adanya produk cacat yang dikeluarkan oleh PT. Astra Honda Motor ditinjau dari Buku III KUHPedata dan UUPK, (3) Bagaimana penyelesaian yang dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor ketika ditemukannya produk cacat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan spesifikasi penelitian dengan metode deskriptif analitis yang bertujuan untuk menggambarkan permasalahan yang ada berdasarkan teori dan praktek pelaksanaan hukum yang berlaku. Metode pendekatan yang digunakan yaitu yuridis normatif yang difokuskan pada penafsiran kaidah-kaidah hukum dalam hukum positif. Tahap penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dengan menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen dan wawancara.Analisis data yang digunakan yaitu yuridis kualitatif dengan tujuan mengkaji seluruh data yang diperoleh untuk mencapai kejelasan masalah yang dibahas. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukan bahwa pertanggungjawaban yang dilakukan oleh pelaku usaha kepada konsumen adalah hal yang mutlak untuk dilakukan pelaku usaha karena hal ini selaras dengan Pasal 1504 Buku III KUHPerdata dan Pasal 19 ayat (1) UUPK. Akibat hukum yang ditimbulkan dari adanya penemuan produk cacat tersebut, konsumen mempunyai hak untuk mengajukan gugatan ganti rugi wanprestrasi yang didasarkan pada perjanjian yang telah dilakukan oleh pelaku usaha dan konsumen serta gugatan ganti rugi perbuatan melawan hukum dengan didasarkan pada adanya penemuan produk cacat yang dibuat oleh pelaku usaha. Penyelesaian yang dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor dan MS dilaksanakan dengan musyawarah, dengan PT. Astra Honda Motor selaku pelaku usaha akhirnya memberikan kompensasi untuk seluruh kerugian yang diderita oleh MS. Selain itu untuk mengantisipasi dan memberikan kepastian hukum terkait dengan pertanggunggjawaban produk cacat PT. Astra Honda Motor menambahkan garansi rangka kendaraan selama 5 tahun. Kata Kunci : Pertanggungjawaban, Produk Cacat, Jual Beli

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:59
Last Modified: 30 Aug 2024 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69651

Actions (login required)

View Item View Item