JUSANTI ERNA, 205030056 (2024) IMPLEMENTASI PJBL BERBANTUAN MODUL DIGITAL BERBASIS APLIKASI CARRD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH BERORIENTASI PADA KAIDAH KEBAHASAAN SISWA KELAS XI SMA NASIONAL BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (626kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (509kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan siswa dalam menulis karya ilmiah. Hal ini ditandai dengan sulit rumitnya siswa dalam menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan dalam membuat karya ilmiah. Berdasarkan hal ini peneliti mengujicobakan implementasi PJBL berbantuan modul digital berbasis aplikasi carrd sebagai alternative pembelajaran dalam menulis karya ilmiah. Berkaitan dengan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikasn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan implementasi PJBL berbantuan modul digital berbasis aplikasi carrd dan siswa yang mengikuti tanpa menggunakan implementasi PJBL berbantuan modul digital berbasis aplikasi carrd dalam menulis karya ilmiah. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan implementasi PJBL dalam pembelaajaran menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung. Penelitian ini menggunakan pedendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa ilmplementasi PJBL berbantuan modul digital berbasis aplikasi carrd dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis karya ilmiah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nasional Bandung. Berdasarkan hasil pertimbangan, ditetapkan bahwa kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.3 sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, nontes, dan telaah pustaka. Hasil uji normalitas menunjukan bahwa data tidak berdistribusi normal dan untuk uji homogenitas menunjukan data berdistribusi homogen. Data tersebut selanjutnya di analisis menggunakan uji non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann – whitney U. Hasil perhitungan dari test statistic dari uji Wilcoxon pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sama – sama memperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) .000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam menulis karya ilmiah. Dari hasil uji Mann – Whitney U pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengacu pada posttest didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil menulis karya ilmiah kelas eksperimen dengan menggunakan implementasi PJBL berbantuan modul digital berbasis aplikasi carrd dan hasil belajar dari kelas kotrol menggunakan model PBL berbantuan media Power point. Kata kunci: implementasi PJBL, modul digital, menulis karya ilmiah.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:14 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69632 |
Actions (login required)
View Item |