MARCELLA RESA, 205020049 (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 17 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen pada Materi Pendapatan Nasional Kelas XI di SMA Negeri 17 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER DEPAN.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRISPI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Download (841kB) | Preview |
|
Text
BAB III DESAIN PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
||
Text
BAB IV HASIL PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi siswa baik kelas eksperimen maupun control sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar peningkatan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Kartu Domino terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 17 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 17 Bandung tahun ajaran 2023/2024, terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas XI H sebagai kelas eksperimen dan XI I sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Tes (Pretest dan Posttest), dan Studi Dokumentasi untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan Studi Kuasi Eksperimen. Variable penelitian ini terdiri dari Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Kartu Domino sebagai variable bebas (X) dan Hasil Belajar sebagai variable terkait (Y). Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen disbandingkan dengan kelas control dimana hasil posttest kelas eksperimen yaitu 91,54% dan hasil posttes kelas control 56,71%. Peningkatan hasil belajar siswa dengan pengujian hipotesis (uji t) posttest dapat dilihat probabilitas signifikan sebesar 0,00 atau lebih kecil 0.05 yang artinya hipotesis yang Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Kartu Domino (X) pada mata pelajaran Ekonomi peningkatan terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 34,83% pada siswa kelas XI H tahun ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 17 Bandung. Penelitian ini memberikan saran kepada beberapa pihak yang terkait yaitu diharapkan hasil penelitian memberikan gambaran untuk menerapkan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan kartu Domino terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Tipe Teams Games Tournament, Kartu Domino, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 01:23 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 01:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69564 |
Actions (login required)
View Item |