Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP

Ambarini, Puspita and Yaniawati, R.Poppy and Mutiara Sari, Nenden (2024) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
228060024_Puspita Ambarini_Karya Ilmiah.docx

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tingkat tinggi berfikir adalah diperlukan. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan yang menggunakan pembelajaran biasa terhadap peningkatan kemampuan matematis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Kelas pertama yaitu eskperimen menggunakan pembelajaran Berbasis Masalah. Kelas kedua yaitu kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional/biasa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 4 Karangtengah Kabupaten Cianjur. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas siswa VIIA, sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan software SPSS 16 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh kesimpulan bahwa Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran konvennsional/ biasa. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman, Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 15 Aug 2024 10:02
Last Modified: 15 Aug 2024 10:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69548

Actions (login required)

View Item View Item