OPTIMALISASI STRATEGI IMPLEMENTASI RENSTRA DALAM UPAYA PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING PEMASARAN PARIWISATA (studi kasus di Dinas Pariwisata Kota Palembang) OPTIMIZATION OF RENSTRA IMPLEMENTATION STRATEGIES IN AN EFFORT TO INCREASE COMPETITIVE ADVANTAGE IN TOURISM MARKETING (case study at the Palembang City Tourism Office)

Wahyuni, Sri (2024) OPTIMALISASI STRATEGI IMPLEMENTASI RENSTRA DALAM UPAYA PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING PEMASARAN PARIWISATA (studi kasus di Dinas Pariwisata Kota Palembang) OPTIMIZATION OF RENSTRA IMPLEMENTATION STRATEGIES IN AN EFFORT TO INCREASE COMPETITIVE ADVANTAGE IN TOURISM MARKETING (case study at the Palembang City Tourism Office). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Sri W_Jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dasar Penelitian dilatarbelakangi oleh Renstra Dinas Pariwisata kota Palembang yang mempunyai rencana kerja dalam mengembangkan pariwisata pasca pandemi covid-19, yang mempunyai banyak tantangan setelah lama vakum dalam pengembangan dalam Industri pariwisata yang berdampak sosial bagi masyarakat khususnya kehilangan lapangan pekerjaan, meningkatkan pengangguran serta untuk daerah menurunnya angka pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh sebagian besar dari pajak Industri pariwisata. Penelitian bertujuan 1.Mengetahui sejauhmana optimalisasi strategi implementasi resntra dalam upaya peningkatan keunggulan bersaing pemasaran pariwisata di kota Palembang 2. Mengetahui strategi yang tepat untuk diterapkan guna meningkatkan pemasaran pariwisata menuju daya saing berkelanjutan 3.Mengetahui apa saja Hambatan Pelayanan dalam mengoptimalisasi strategi implementasi resntra guna peningkatan keunggulan bersaing pemasaran pariwisata di kota Palembang 4. Mengetahui Bagaimana optimalisasi strategi Implementasi renstra yang efektif dan efisien dalam menjalankan pemasaran pariwisata guna meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan Penggunaan metode kualitatif dengan mewawancari nara sumber internal dan eksternal yang ada di dalam dinas atau luar lingkungan dinas pariwisata kota Palembang, guna mendapatkan data dengan pendekatan analisis SWOT (strength, Weakness, Opportunity, Treats) Hasil yang didapatkan secara umum tentang Optimalisasi Implementasi Renstra dalam peningkatan keunggulan bersaing pemasaran pariwisata di kota Palembang sudah mulai terlihat upaya pemulihan penyelamatan pariwisata meskipun secara nomenklatur ada perubahan waktu dari pelaksanaan rencana kerja 2018-2023 menjadi 2024-2026 sebagai masa pemulihan pariwisata karena kondisi pandemi covid 19 berkepanjangan. Dengan adanya beberapa strategi diharapkan optimalisasi kerja semakin ditingkatkan melalui kerjasama dengan beberapa pihak terkait Sebagai hambatan diperlukan adanya peningkatan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan pariwisata khususnya pemasaram agar kualitas sumber daya manusia dan sumber daya ainnya bisa di optimlakan dalam peningkatan menuju daya saing berkelanjutan. Kata Kunci: Renstra Dinas Pariwisata, Implementasi, Optimalisasi,Kota Palembang

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:27
Last Modified: 01 Aug 2024 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69439

Actions (login required)

View Item View Item