PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Putri, Finna Nabilla,205060101 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi canva terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu menggunakan kuasi eksperimen (quasi eksperimental design). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner (angket). Angket yang digunakan yaitu angket awal (pretest) dan angket akhir (posttest). Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen, rata-rata skor angket awal (pretest) peserta didik yaitu 67,5 dan ratarata skor angket akhir (posttest) peserta didik yaitu 84,16. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata skor angket awal (pretest) peserta didik yaitu 68 dan rata-rata skor angket akhir (posttest) peserta didik yaitu 80. Hasil uji perhitungan pada kelas eksperimen dan kontrol, dapat disimpulkan bahwa nilai posttest lebih besar dibandingkan dengan nilai pretest, artinya motivasi belajar terdapat pengaruh. Peneliti menggunakan effect size untuk mencari berapa besar pengaruh penggunaan aplikasi canva terhadap motivasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Diketahui hasil uji effect size sebesar 1.108 dilihat dari interpretasi effect size yaitu 0.5 < d < 0.08 dalam kategori besar. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan yang ditentukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi canva terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV pada mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Aplikasi Canva, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:04
Last Modified: 19 Sep 2024 06:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69431

Actions (login required)

View Item View Item