ANALISIS KOMPETENSI GURU MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT SERTA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Suhartini, Rina (2024) ANALISIS KOMPETENSI GURU MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT SERTA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal_Rina Suhartini.docx

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil laporan psikologi peserta didik baru dan guru serta hasil laporan rapor pendidikan SMKS Karya Pembangunan Padalarang terkait nilai numerasi tahun ajaran 2023-2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi guru melalui supervisi kepala sekolah dan pengaruhnya terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) dengan pendekatan model regresi linier sederhana. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan wawancara. Responden dalam penelitian ini sebanyak 112 orang terdiri dari 110 peserta didik kelas X, XI Teknik Pemesinan dan 2 orang guru Matematika. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa Kompetensi 4C (creativity, critical thinking, communication and collaboration) guru ada pengaruh terhadap minat belajar peserta didik dengan hasil output spss regresi menunjukkan nilai F hitung = 65.755 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Nilai signifikansi kompetensi 4C guru terhadap hasil belajar peserta didik 0.01 < 0,05 ini berarti ada pengaruh antara kompetensi 4C guru terhadap hasil belajar peserta didik. Namun berdasarkan hasil output SPSS pada uji korelasi minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik diketahui nilai signifikansi 0,129 > 0,05 maka H0 diterima yang artinya bahwa tidak terdapat hubungan antara minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Maka koefisien korelasi minat belajar dengan hasil belajar sebesar 0,129 diartikan lemah. Kata Kunci: kompetensi Guru (creativity, critical thinking, communication and collaboration), supervisi kepala sekolah, minat belajar, hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:21
Last Modified: 26 Jul 2024 07:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69394

Actions (login required)

View Item View Item