Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Berdasarkan Motivasi Peserta Didik

Aprila, Barlianty and Yaniawati, R. Poppy and Firmansyah, Eka (2024) Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Berdasarkan Motivasi Peserta Didik. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Template PJME - 2024 - Tesis Barlianty Aprila.docx

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika masih sering dihadapkan dengan berbagai macam masalah. Masalah yang paling sering ditemukan adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah, self-efficacy, dan motivasi peserta didik. Penerapan model PBL dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Karena dalam pembelajaran dengan model PBL, peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam seluruh rangkaian proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1. Motivasi peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional. 2. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada peserta didik dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasinya (tinggi, sedang, rendah). 3. Self-efficacy peserta didik dengan model pembelajaran problem based learning lebib baik dari peserta didik dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasinya (tinggi, sedang, rendah). 4. Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy dengan motivasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode campuran dengan tipe embedded design. Hasil penelitian menunjukan: 1. Motivasi peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol bervariasi dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Motivasi awal menunjukan kelas kontrol memiliki motivasi yang lebih baik, sedangkan setelah pembelajaran motivasi kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. 2. Ditinjau dari motivasinya yang tinggi, sedang dan rendah, kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran PBL lebih baik dari peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. 3. Ditinjau dari motivasi peserta didik, self-efficacy peserta didik yang menggunakan pembelajaran model PBL lebih baik dari peserta didik yang menggunakan model konvensional. 4. Kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy peserta didik memiliki hubungan yang kuat dengan motivasi peserta didik. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-efficacy, dan Motivasi Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:17
Last Modified: 22 Jul 2024 04:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69356

Actions (login required)

View Item View Item