PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA ( Metode Quasi Eksperiment Kelas V SDN 103 Coblong Kota Bandung )

HAFIZAH NINDI, 205060196 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA ( Metode Quasi Eksperiment Kelas V SDN 103 Coblong Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, membuat siswa merasa bosan, karenan guru menjelaskan siswa menulis lalu mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, hal itu berdampak pada kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, dan menyebabkan siswa malas dan mengganggap pembelajaran IPAS itu tidak menyenangkan dan berdampak pada hasil belajar siswa tersebut Penelitian memiliki tujuan untuk memperoleh informasi apakah terdapat perbedaan, peningkatan, dan sebesar apa pengaruh kelas yang memperoleh model pembelajaran Role Playing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan kuasi eksperimen (quasi experimental). Sampel dalam penelitian adalah kelompok siswa kelas VA dan VB dalam pembelajaran IPAS SD Negeri 103 Coblong yang beralamatkan di jalan Ir.H.Djuanda no. 338 Kecamatan Coblong. Teknik penentuan sampling yang digunakan adalah penelitian ini adalah sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent sample test , uji N-Gain, dan uji effect size dengan hasil penelitian yang menunjukkan pada hasil uji Independent sample test bahwa signifikan 0,000 Berdasarkan pada tabel deccriptive ststistic nilai mean atau rata- rata pada posttest kelas eksperimen adalah sebesar 81,17, sedangkan nilai mean pada atau rata- rata pada posttest di kelas kontrol 64,33. Berdasarkan nilai uji Independent Sample Test menunjukkan angka 0,000 < 0,05 dan dari hasil uji N-Gain persen sebesar 58 % di kelas eksperimen, dan nilai N-Gain persen di kelas kontrol yaitu sebesar 17 % dan uji effect size sebesar 1,215. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas yang menggunakan model pembelajaan Role Playing berbantuan media video (VA) dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional (VB). Hasil uji N-Gain sebesar 58% model pembelajaran Role Playing memiliki keefektifan sedang atau cukup efektif untuk digunakan. Serta dengan hasil uji effect size sebesar 1,215 model pembelajaran Role Playing berbantuan media video berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPAS di SD Negeri 103 Coblong. Kata Kunci : Model Role Playing, Media Video, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:36
Last Modified: 18 Jul 2024 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69336

Actions (login required)

View Item View Item