Triansyah, Rizmy Fakhri (2024) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA KAFE DUAHIJI DI KECAMATAN MAJALENGKA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (372kB) | Preview |
Abstract
Kafe Duahiji merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang F&B di Kecamatan Majalengka. Berdasarkan hasil penelitian didapati permasalahan mengenai saluran distribusi yang menyebabkan volume penjualan tidak mencapai target yang telah ditetapkan sehingga masih banyak pelanggan yang belum merasa puas dengan layanan food delivey online di Kafe Duahiji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjulan pada Kafe Duahiji di Kecamatan Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan melalui observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi rank spearman, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, menunjukan bahwa adanya pengaruh positif antara saluran distribusi terhadap volume penjualan pada Kafe Duahiji, dengan kontribusi sebesar 62,5%. namun masih terdapat 37,5% kontribusi yang berasal dari faktor-faktor lain di luar saluran distribusi. Faktor-faktor lain tersebut dapat meliputi kualitas produk, harga, pemasaran yang dilakukan, daya beli konsumen, tren serta kondisi ekonomi umum. Adapun hambatan yang dihadapi meliputi keragaman produk yang belum tersedia sepenuhnya di aplikasi GrabFood, serta mengelola waktu tunggu dan pengiriman yang lama dikarenakan SDM belum memahami sistem device layanan online. upaya yang perlu dilakukan adalah membentuk tim khusus pengelola layanan online yang bertugas memperbarui menu dan mengawasi SDM, menyusun SOP penanganan pesanan dari penerimaan hingga pengiriman, memberikan pelatihan SDM terkait pengoperasian sistem dan penanganan pesanan, meningkatkan koordinasi dengan penyedia layanan online, serta melakukan evaluasi berkala terhadap kinerja SDM dan proses penanganan untuk perbaikan berkelanjutan.. Saran untuk perusahaan adalah sebaiknya ikut berpartisipasi dalam acara-acara local dan mengoptimalkan penggunaan media sosial dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau TikTok. Ini dapat membantu meningkatkan engagement dengan pelanggan dan mendorong penjualan melalui saluran distribusi online. Kata Kunci : Saluran Distribusi, Online Food Delivery, Volume Penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:21 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 06:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69309 |
Actions (login required)
View Item |