PENGARUH PENGUNGKAPAN MANAJEMEN RISIKO, MODAL INTELEKTUAL DAN PEMBIAYAAN TERHADAP DAYA SAING SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN YANG DIMODERASI OLEH REGULASI PEMERINTAH (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)

Mr, AZMANSYAH (2024) PENGARUH PENGUNGKAPAN MANAJEMEN RISIKO, MODAL INTELEKTUAL DAN PEMBIAYAAN TERHADAP DAYA SAING SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN YANG DIMODERASI OLEH REGULASI PEMERINTAH (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Paper Azmansyah.DIM.pdf

Download (911kB) | Preview

Abstract

Sejak pengesahan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008, pemerintah Indonesia telah secara proaktif mempromosikan ekspansi industri perbankan syariah. Meskipun demikian, bankbank syariah di Indonesia masih berjuang untuk mencapai kompetitivitas global yang optimal, dengan pangsa pasar yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan bank konvensional. Oleh karena itu, penelitian yang komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing menjadi sangat penting, yang mana hasilnya dapat tercermin dalam peningkatan kinerja bank syariah. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari Pengungkapan Manajemen Risiko, Modal Intelektual, dan Pembiayaan terhadap Daya Saing, serta implikasinya pada Kinerja Keuangan, dengan Regulasi Pemerintah sebagai variabel moderasi pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini melibatkan sebelas Bank Umum Syariah yang dipilih melalui metode purposive sampling, dengan periode analisis data yang berlangsung dari tahun 2017 hingga 2021, menggunakan data triwulan dari masing-masing bank. Metodologi yang digunakan adalah analisis regresi linier data panel dengan pendekatan efek moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara pengungkapan manajemen risiko, modal intelektual, dan pembiayaan terhadap daya saing bank. Lebih lanjut, variabel daya saing ini memiliki dampak positif terhadap kinerja keuangan bank. Regulasi pemerintah, khususnya terkait dengan pengungkapan praktik green banking, terbukti memperkuat hubungan antara daya saing dan kinerja keuangan di Bank Umum Syariah. Kata Kunci: Pengungkapan Manajemen Risiko, Modal Intelektual, Pembiayaan, Daya Saing, Regulasi Pemerintah, Kinerja Keuangan, Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:16
Last Modified: 12 Jun 2024 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69075

Actions (login required)

View Item View Item