PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORATIF DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 DAYEUHKOLOT KABUPATEN BANDUNG

Tajiyah, Ayi (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORATIF DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 DAYEUHKOLOT KABUPATEN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL AYI TAJIYAH_218090001_MPBSI.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Ayi Tajiyah MPBSI.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

PBL menempatkan peserta didik dalam peran aktif, menghadapkan mereka pada masalah dunia nyata yang perlu dipecahkan. Dalam konteks pembelajaran menulis teks prosedur, peserta didik diberi tantangan untuk menyusun panduan langkah demi langkah untuk melaksanakan suatu tugas atau aktivitas tertentu. Proses ini tidak hanya mengembangkan keterampilan menulis mereka, tetapi juga mendorong kolaborasi, pemikiran kreatif, dan kemampuan pemecahan masalah secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) untuk mengkaji penerapan model Problem Based Learning dalam menulis teks prosedur pada kelas eksperimen dan model ekspositori pada kelas kontrol; (b) untuk menguji kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur antara yang menggunakan model Problem Based Learning di kelas eksperimen dan model ekspositori di kelas kontrol; (c) untuk menguji perbedaan kemampuan peserta didik berkolaborasi dalam pembelajaran menulis teks prosedur antara yang menggunakan model Problem Based Learning dibandingkan dengan yang menggunakan model ekspositori; (d) untuk menguji perbedaan berpikir kreatif peserta didik dalam menulis teks prosedur antara yang menggunakan model Problem Based Learning dibandingkan dengan kemampuan peserta didik yang menggunakan model ekspositori;(e) untuk menguji perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur antara yang menggunakan model Problem Based Learning dibandingkan dengan yang menggunakan model ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode campuran, menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menulis teks prosedur berdampak pada kemampuan berkolaborasi dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 61, sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 88, menunjukkan peningkatan nilai. Nilai kolaborasi dalam pembelajaran model Problem Based Learning dalam penelitian ini adalah 88 %, termasuk dalam kategori nilai Sangat Baik. Nilai rata-rata pretest berpikir kreatif adalah 45, dan nilai rata-rata posttest adalah 79, juga menunjukkan peningkatan. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Kolaborasi, Pembelajaran Menulis, Problem Based Learning, Teks Prosedur

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:29
Last Modified: 10 Jun 2024 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69062

Actions (login required)

View Item View Item