PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM @galleraj.id TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM GALLERY RAJUT DI KOTA BANDUNG

Sukmawati, Shifa (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM @galleraj.id TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM GALLERY RAJUT DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

UMKM Gallery rajut merupakan brand produk lokal yang bergerak di bidang fashion wanita yang sudah berdiri tahun 2017. Gallery rajut memiliki beberapa produk yang ditawarkan seperti baju, sweater, cardigan, tas dan lain-lain. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa ditemukan adanya permasalahan yang berkaitan dengan minat beli konsumen yaitu pada indikator minat transaksional dan minat eksploratif yang disebabkan oleh pemasaran melalui media sosial Instagram yaitu terdapat pada indikator interaction dan costumization yang ternilai masih kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap minat beli konsumen pada UMKM Gallery rajut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dan jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 responden serta tertuju pada followers Instagram Gallery rajut. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi rank spearman, analisis koefesien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, terdapat pengaruh sebesar 58,0% dari penggunaan social media marketing terhadap minat beli konsumen pada UMKM Gallery rajut, sedangkan sisanya sebesar 42,0% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian seperti adanya diskon, kualitas produk dan promosi melalui marketplace. Hambatan dalam pelaksanaan social media marketing yaitu kurangnya penyediaan informasi yang jelas serta kurangnya menanggapi interaksi dengan konsumen. Sehingga upaya yang dapat diberikan yaitu dengan memanfaatkan fasilitas, waktu, serta melakukan inovasi dalam pembuatan konten, hal ini dapat dilakukan untuk menarik minat beli konsumen. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialah lebih memaksimalkan social media marketing dengan menggunakan tenaga khusus dalam mengelola akun Instagram Gallery rajut, sehingga interaksi dengan konsumen tetap terjaga dan informasi yang diberikan melalui sosial media dapat diterima dengan baik, menarik dan informatif. Kata Kunci: Social Media Marketing, Minat Beli

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 May 2024 07:47
Last Modified: 03 May 2024 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68975

Actions (login required)

View Item View Item