Penggunaan E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah berbasis Etnomatematika Dan Motivasi Belajar Siswa

Yaniawati, Poppy and Pertiwi Hidayati, Panca and Tarman Setiawan, Dusep (2024) Penggunaan E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah berbasis Etnomatematika Dan Motivasi Belajar Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
208060024_Dusep_MPM_Jurnal PJME.docx

Download (1MB)

Abstract

Dusep Tarman Setiawan, 2024. Penggunaan e-learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika dan Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penggunaan e-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika dan motivasi belajar siswa. Materi sistem persamaan linear tiga variabel. serta melihat efektifitas penggunaan e-learning berbasis etnomatematika tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method) tipe embedded menurut sugiyono. Metode penelitian model embedded merupakan metode penelitian yang mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kuantatif dan kualitatif secara simultan atau bersama-sama tetapi bobot metodenya berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan dua buah kelas. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas control atau kelas pembanding yang dipilih secara acak. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika dan angket Motivasi Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penggunaan e-learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berbasis etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan memotivasi belajar siswa. 2). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika siswa yang pembelajarannya menggunakan e-learning lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan konvensional. 3). Motivasi belajar siswa, yang belajar dengan menggunaan e-learning berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan konvensional. 4). Terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar Kata Kunci: e-learning, Motivasi Belajar, Pemecahan masalah berbasis etnomatematika, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, ,.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:55
Last Modified: 22 Apr 2024 04:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68844

Actions (login required)

View Item View Item