MA’MUN, IRFAN MAULANA MUHAMMAD (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA SUNDA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran flash card dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran secara konvensional dan mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media flash card terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kelas II SD Negeri 033 Asmi Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitiannya yaitu kuasi eksperimen (Quasi Eksperiment). Sampel yang dipilih pada penelitian ini yaitu kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data ini menggunakan test tertulis dan pengamatan. Tes yang dilakukan yaitu menggunakan pretest dan posttest yang dipergunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji- t data berdasarkan nilai pretest dan posttest yang dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t, menggunakan aplikasi IBM SPSS Versi 26 dengan tujuan mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol serta menguji effect size untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card ini terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji independent sample t ini didapatkan nilai Sig sebesar 0,007 (Sig. <0.005) sehingga terhdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian pengaruh dalam penerapan media pembelajaran flash card berdasarkan uji effect size sebesar 0,75 dengan interprestasi dalam kategori besar dalam hasil belajar peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flash card ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 033 Asmi Kota Bandung. Kata Kunci : flash card, Hasil Belajar, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 03:53 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 03:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68139 |
Actions (login required)
View Item |