PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN PASIEN (Suatu Survei Pada Pasien Umum di Ruangan Rawat Jalan Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung)

SITI DJUARIAH, DEWI (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN PASIEN (Suatu Survei Pada Pasien Umum di Ruangan Rawat Jalan Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
8. Artikel Dewi Siti Djuariah_MMRS.doc

Download (534kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Revisi Dewi Siti Djuariah MM.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi era globalisasi, dimana pasien dapat memilih berbagai rumah sakit sesuai kebutuhannya. Rumah Sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan yang dituntut untuk menciptakan kepercayaan pasien. Fokus dalam menjamin kepercayaan pasien dapat menjadikan rumah sakit bersaing dalam pemenuhan kebutuhannya. Kepercayaan pelanggan seperti yang diutarakan sebelumnya, merupakan jaminan terbaik untuk menumbuhkan dan menjaga loyalitas pasien dan kepuasan pasien. Standar minimal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dalam Kepmenkes RI Nomor 129 Tahun 2008 terkait kepuasan pasien di rumah sakit yaitu 90%. Agar rumah sakit dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai; 1. Bagaimana kondisi kualitas pelayanan di Rumah Sakit Muhammadiyah di Kota Bandung. 2. Bagaimana kondisi kepuasan pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah di Kota Bandung. 3. Bagaimana kondisi kepercayaan pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah di Kota Bandung. 4. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap kepercayaan pasien Rumah Sakit Muhammadiyah di Kota Bandung. 5. Besarnya pengaruh kepuasan pasien terhadap kepercayaan pasien Rumah Sakit Muhammadiyah di Kota Bandung. 6. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pasien Rumah Sakit Muhammadiyah di Kota Bandung. 7. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien serta implikasinya pada kepercayaan pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dan verivikatif yang merupakan penelitian yang dilakukan pada populasi besar atau kecil tetapi data yang dipelajari yaitu dari data sampel yang diambil populasi. Responden pada penelitian ini yaitu Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung yang berjumlah 100 orang. Variabel yang dikaji pada penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan (X1) sebagai variabel independen, Kepuasan Pasien (Y) sebagai variabel dependen dan Kepercayaan Pasien (Z) sebagai variabel intervening. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Tingkat Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung memiliki kategori Cukup 2) Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung memiliki kategori Cukup 3) Tingkat Kepercayaan Pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung memiliki kategori Cukup 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung, dengan nilai kontribusi sebesar 51,5%. 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepuasan Pasien terhadap Kepercayaan Pasien pada Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung, dengan nilai kontribusi sebesar 40%. 6). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Pasien pada Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung, dengan nilai kontribusi sebesar 43,8%. 7). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pasien melalui Kepuasan pasien Rumah Sakit Muhammadiyah di Kota Bandung. Dengan nilai kontribusi sebesar 31%. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien dan Kepercayaan Pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:46
Last Modified: 25 Mar 2024 08:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68027

Actions (login required)

View Item View Item