Momo Mulyana, Abas and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN SUKAMANTRI. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-10.
|
Text
PTK_Abas Momo Mulyana (2).pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Audio Visual. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 yang terdiri dari 34 peserta didik, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 Sekolah Dasar Negeri Sukamantri Kecamatan Paseh . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tes secara tertulis menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas pada siklus I dengan nilai rata-rata 69, dan siklus II dengan nilai rata-rata 75 artinya penilaian kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas meningkat atau berhasil. Begitu pula dengan ketuntasan hasil belajar peserta didik siklus I nilai yang diperoleh 35% dengan nilai rata-rata 75, dan pada siklus II nilai yang diperoleh 82% dengan nilai rata-rata 88. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Project Based Learning, Audio Visual.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 06:47 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 06:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67837 |
Actions (login required)
View Item |