Julaeha, Lilis Siti and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN BABAKAN TANJUNG. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-5.
|
Text
PTK_LILIS (2) (2).pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SDN Babakan Tanjung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa V SDN Babakan Tanjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Tanggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan test hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Hasil penelitian Dari 34 orang peserta didik yang mengerjakan evaluasi pada tahap pra siklus didapat nilai total sebesar 1.020 sehingga nilai rata-ratanya 75. Data hasil evaluasi tahap pra siklus menunjukkan hanya 15 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM sehingga persentase ketuntasan hasil belajar hanya sebesar 34% saja. Sementara itu peserta didik yang tidak mencapai KKM berjumlah 19 orang dengan persentase 66%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Media Audio Visual, Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 06:06 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 06:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67831 |
Actions (login required)
View Item |