Darlaini, Darlaini and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CANGKUANG 01. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-12.
|
Text
PTK_Darlaini, S.Pd.SD.-2.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi nilai ulangan harian peserta didik kelas IV-B di SDN Cangkuang 01 pada pelajaran IPAS, di mana dari 20 peserta didik, yang mencapai KKTP yaitu 10 peserta didik atau sekitar 50% dengan nilai rata-rata kelas 67. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV-B SDN Cangkuang 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang dilaksanakan dimulai dari pra siklus, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Learning berbantuan video. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Pada siklus I 13 dari 20 peserta didik atau 65% peserta didik mencapai KKTP dengan nilai ratarata kelas 70. Pada siklus II 17 dari 20 peserta didik atau 85% peserta didik mencapai KKTP dengan nilai rata-rata kelas 85. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan video mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Video
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:28 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67806 |
Actions (login required)
View Item |