herlin, Dispi and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 04 MUARADUA. Penelitian Tindakan Kelas. pp. 1-8.
|
Text
PTK_DISPI HERLIN.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart. Penelitian ini dimulai dengan tahap pra siklus, lalu dilanjutkan dengan siklus 1 dan 2 dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik analisis data dengan membandingkan data hasil belajar antar siklus menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 04 Muaradua. Subjek penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah peserta didik 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar sebanyak 60% sejak tahap pra siklus hingga siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), media audio visual, hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 08:28 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 08:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67802 |
Actions (login required)
View Item |