Ikhsan fauzan, Wildan (2024) PENGARUH KUALITAS SISTEM, KEPATUHAN PENGISIAN, DAN KUALITAS INFORMASI SIMRS YANG DIHASILKAN TERHADAP KEPUASAN TENAGA KESEHATAN (STUDI PADA PENGOPERASIAN SIMRS DI KLINIK UTAMA JANTUNG HASNA MEDIKA BANDUNG). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Wildan Ikhsan 218020016_MM.docx Download (43kB) |
Abstract
Latar Belakang : Dalam penyelenggaraan SIMRS pada setia entitas baik klinik Utama maupun Rumah Sakit jantung Hasna Medika, PT Hasna Medika Group mempunyai system SIMRS sendiri yang disebut dengan HMIS (Hasna Medika Information System). Pada system SIMRS ini, user terdiri dari semua unit pelayanan baik medis maupun non medis yang terdiri dari keperawatan, dokter, petugas laboratorium, petugas farmasi, petugas radiologi, admisi, keuangan, casemix, bahkan unit Gudang pun memiliki akses masing-masing untuk menginput kebutuhannya masing-masing pada SIMRS. Hal ini guna menyampaikan informasi antar unit yang lebih efektif efisien , serta untuk pengklaiman pelayanan baik umum, ataupun dengan penjamin BPJS atau asuransi. Tujuan : Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalsis dan mengetahui ; 1. kualitas system SIMRS Klinik Utama jantung Hasna Medika Bandung 2. Kepatuhan pengisian SIMRS Klinik Utama jantung Hasna Medika Bandung 3. Kualitas Informasi SIMRS Klinik Utama jantung Hasna Medika Bandung 4. Kepuasan Tenaga Kesehatan dalam pengisian yang dihasilkan SIMRS Klinik Utama jantung Hasna Medika Bandung 5. Besar pengaruh kualitas system SIMRS terhadap Kualitas Informasi Klinik Utama jantung Hasna Medika Bandung 6. Besar pengaruh kepatuhan pengisian SIMRS terhadap Kualitas Informasi Klinik Utama jantung Hasna Medika Bandung 7. Besar pengaruh kualitas system SIMRS dan kepatuhan pengisian SIMRS terhadap Kualitas Informasi Klinik Utama jantung Hasna Medika Bandung 8. Besar pengaruh Kualitas Informasi terhadap kepuasan Tenaga Kesehatan dalam pengisian SIMRS yang dihasilkan SIMRS Klinik Utama jantung Hasna Medika Bandung. Metode Penelitian : Metode penelitian adalah teknik ilmiah untuk pengumpulan data untuk tujuan dan manfaat tertentu.. Penelitian ini ditujukan untuk emperoleh gambaran lebih jauh mengenai variable penelitian yaitu Kualitas SIMRS, Kepatuhan pengisian SIMRS, kualitas informasi SIMRS, dan Kepuasan Karyawan dalam pengisian SIMRS. Metode penelitian ini menggunakan survey yaitu survey kepada populasi penelitian yang terdapat di Klinik Utama Jantung Hasna Medika Bandung. Survey yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, dan bersifat metode deskriptif dan analisis verifikatif. Metode survey deskriptif adalah metode yang bertujuan untuk memperoleh gambaran ciri-ciri variable. Hasil : Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan analisis verifikatiif dari “ Kualitas Sistem, kepatuhan pengisian, dan kualitas infromasi yang dihasilkan SIMRS terhadap kepuasan tenaga Kesehatan”, terdapat hubungan kualitas system terhadap kepatuhan pengisian dengan kriteria High Correlation (sangat tinggi). Hubungan kualitas system dengan kualitas informasi memikliki hubungan positif Dimana semakin baik kualitas system , maka akan semakin baik pula kualitas informasi yang dihasilkan SIMRS. Hubungan kepatuhan pengisian dengan kualitas informasi memiliki hubungan positif Dimana Kepatuhan pengisian, maka akan semakin baik pula kualitas informasi yang dihasilkan SIMRS. Berdasarkan hasil analisis jalur variable kualitas sistem dan kepatuhan pengisian terhadap kualitas informasi yang dihasilkan SIMRS, dapat terlihat bahwa terdapat pengaruh dari koefisien jalur dari masing-masing variable bebas Kualitas Sistem dan Kepatuhan Pengisian terhadap variable terikat kualitas informasi yang dihasilkan baik parsial maupun simultan. Pada penelitian didapatkan bahwa Variabel kualitas informasi memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan tenaga Kesehatan. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui “Pengaruh Kualitas Sistem, Kepatuhan Pengisian, dan Kualitas Informasi yang Dihasilkan SIMRS Terhadap Kepuasan Tenaga Kesehatan di Klinik Utama Jantung Hasna Medika Bandung”, dapat ditarik kesimpulan bahwa semua hipotesis yang diajukan telah terbukti secara empiris. Terdapat pengaruh positif dari variable yang tidak diteliti pada penelitian ini terhadap kepuasan tenaga Kesehatan seperti gaya kepemimpinan. Kata Kunci : Sistem Informasi Rumah Sakit, kualitas system, kepatuhan pengisian, kualitas informasi, kepuasan tenaga kesehatan
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2024 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 08:27 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 08:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67801 |
Actions (login required)
View Item |