Hartati, Linda and Sunata, Sunata (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR UPT SDN 03 KISAM ILIR. Penelitian tindakan kelas. pp. 1-8.
|
Text
PTK_Linda Hartati,S.Pd (2).pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik kelas 5 tema 9 sub tema 2 pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2 x 35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPT SDN 03 Kisam ilir, Kecamatankisam ilir Kota Muaradua oku selatan yang berjumlah 28 orang.Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan rubrik. Pada kondisi awal pra-siklus persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 29% (8 peserta didik), dengan rata-rata nilai 70,54. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 61% (17peserta didik), dengan rata-rata nilai 78,21. Pada siklus II persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 79% (22 peserta didik), dengan rata-rata nilai 80,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Audio Visual, Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 04:17 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 04:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67796 |
Actions (login required)
View Item |