ARIS SYAMSUL BAHRI, 105060168 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN SIKAP KREATIF DALAM MENYAJIKAN HASIL PENCARIAN INFORMASI PADA BENTUK TABEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (145kB) |
|
Text
MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPS1.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAC.docx Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (355kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 2.docx Download (19kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan sikap kreatif siswa melalui model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik mengenai penyajian hasil pencarian informasi dalam bentuk tabel dengan Subtema Perubahan Wujud Benda. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Melong Mandiri 3 Cimahi Selatan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas V SDN Melong Mandiri 3 Cimahi Selatan dengan sikap rasa ingin tahu dan sikap kreatif yang rendah dalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model pembelajaran yang lain khususnya model Problem Based Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1. Merumuskan Masalah, 2. Merumuskan jawaban sementara (hipotesis), 3.Menguji jawaban tentative, 4. Menarik kesimpulan, 5.Menerapkan kesimpulan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk menentukan sikap rasa ingin tahu dan sikap kreatif itu tumbuh dengan menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan sikap kreatif . Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan sikap rasa ingin tahu dan sikap kreatif siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I muncul sikap rasa ingin tahu 3,22 dengan kategori cukup, sikap kreatif 3.00 dengan katagori cukup, siklus II sikap rasa ingin tahu 3,94 dengan kategori sangat baik, dan sikap kreatif 3,53 dengan katagori baik. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sangat mendukung tumbuhnya sikap rasa ingin tahu dan sikap kreatif siswa dalam menyajikan hasil pencarian informasi dalam bentuk tabel pada Subtema Perubahan Wujud Benda di kelas V Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat digunakan sebagai model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran yang lain Kata kunci: Problem Based Learning, Sikap Rasa Ingin Tahu, Sikap Kreatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 14:54 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 14:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6778 |
Actions (login required)
View Item |