Anasih, Ai and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas,.
|
Text
PTK_Ai Anasih.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Penerapan nilai pancasila sila ke-2 di lingkungan sekolah dengan muatan pelajaran PKN dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning {PBL) berbantuan media powerpoint. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dimulai dengan tahap pra siklus, lalu dilanjutkan dengan siklus 1 dan 2 dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik analisis data dengan membandingkan data hasil belajar antar siklus menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SDN Palintangjaya Kabupaten Bandung yang berjumlah 30 orang. Teknik pegumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal essay sebanyak 5 soal. Pada kondisi ulangan harian menunjukkan hanya 22 peserta didik atau 73% peserta didik yang mencapaian KKTP. Setelah diberikan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar yaitu pada siklus 1 terdapat 24 peserta didik atau 80% peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKTP. Pada siklus 2 terdapat 28 peserta didik atau 93% peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKTP. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), media powerpoint, hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 10:08 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 10:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67517 |
Actions (login required)
View Item |