Nurmala, Emay and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD. Garda Guru: Jurnal PPG UNPAS.
|
Text
PTK_Emay Nurmala 2.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart. Penelitian ini dimulai dengan tahap pra siklus, lalu dilanjutkan dengan siklus 1 dan 2 dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik analisis data dengan membandingkan data hasil belajar antar siklus menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 102 Cikudayasa. Subjek penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah peserta didik 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes harian, Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar sebanyak 37% sejak tahap pra siklus hingga siklus 1 yang selanjutnta dilakukan pada tahap siklus 1 ke siklus 2 hasil penelitian menunjukkan kenaikan 48%, sehingga persentase ketuntasan dari pra siklus sampai dengan siklus 2 sebesar 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), media audio visual, hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 05:14 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 05:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67510 |
Actions (login required)
View Item |