IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

WAHYUDI,MELANI, 195040021 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Tujuan Khusus dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi Android dalam permainan bebentengan dapat meningkatkan ide pembelajaran siswa adalah salah satu tujuan khusus yang akan dicapai. Belajar di era modern tidak hanya dengan membaca, tapi juga bisa dengan menggunakan teknologi. Siswa mungkin telah menggunakan alat pembelajaran abad ke-21 seperti zoom, google classroom, youtube, google meet, dan lainnya, namun hal ini tidak membuat mereka lebih terlibat, inventif, atau kreatif karena mereka hanya mendengar dan mengamati, yang membuat mereka bosan dan sedikit malas belajar. Pada penelitian ini, diperoleh dua jenis variabel yang berbeda, variabel terikat yang mengukur penguasaan konseptual peserta didik Sekolah Dasar, dan variabel bebas, yang mengukur penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi smartphone, yaitu ethno-edugames bebentengan. Karena semua faktor signifikan dan dapat digunakan untuk menentukan validitas data, pendekatan penelitian eksperimen kuasi mencoba mengumpulkan informasi yang akurat dalam situasi dimana tidak mungkin untuk memanipulasi, mengubah, atau mengontrol data. Setelah dianalisis, ditemukan perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi ethno-edugame dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan (tidak menggunakan aplikasi ethno-edugames). Diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 56.07, nilai tertingginya 96 dan yang terendah 20. Nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 37.00, nilai tertingginya 72 dan yang terendah 12. Selanjutnya nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 74,60, nilai tertingginya 100 dan terendah 20. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 17.88, nilai terbesarnya 88 dan terendah 20. Maka berdasarkan perolehan data terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dimana nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai post-test kelas kontrol. Didapatkan kesimpulan berdasarkan perolehan analisis data penilaian pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan penguasaan konsep. perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan aplikasi ethno-edugmmaes (bebentengan) dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau tidak menggunakan aplikasi ethnoedugames. Kata Kunci : Aplikasi Ethno-Edugames, Penguasaan Konsep, Pretest, Posttest

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:31
Last Modified: 10 Oct 2023 08:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67164

Actions (login required)

View Item View Item