WAHYUDI,MELANI, 195040021 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Tujuan Khusus dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi Android dalam permainan bebentengan dapat meningkatkan ide pembelajaran siswa adalah salah satu tujuan khusus yang akan dicapai. Belajar di era modern tidak hanya dengan membaca, tapi juga bisa dengan menggunakan teknologi. Siswa mungkin telah menggunakan alat pembelajaran abad ke-21 seperti zoom, google classroom, youtube, google meet, dan lainnya, namun hal ini tidak membuat mereka lebih terlibat, inventif, atau kreatif karena mereka hanya mendengar dan mengamati, yang membuat mereka bosan dan sedikit malas belajar. Pada penelitian ini, diperoleh dua jenis variabel yang berbeda, variabel terikat yang mengukur penguasaan konseptual peserta didik Sekolah Dasar, dan variabel bebas, yang mengukur penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi smartphone, yaitu ethno-edugames bebentengan. Karena semua faktor signifikan dan dapat digunakan untuk menentukan validitas data, pendekatan penelitian eksperimen kuasi mencoba mengumpulkan informasi yang akurat dalam situasi dimana tidak mungkin untuk memanipulasi, mengubah, atau mengontrol data. Setelah dianalisis, ditemukan perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi ethno-edugame dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan (tidak menggunakan aplikasi ethno-edugames). Diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 56.07, nilai tertingginya 96 dan yang terendah 20. Nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 37.00, nilai tertingginya 72 dan yang terendah 12. Selanjutnya nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 74,60, nilai tertingginya 100 dan terendah 20. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 17.88, nilai terbesarnya 88 dan terendah 20. Maka berdasarkan perolehan data terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dimana nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai post-test kelas kontrol. Didapatkan kesimpulan berdasarkan perolehan analisis data penilaian pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan penguasaan konsep. perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan aplikasi ethno-edugmmaes (bebentengan) dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau tidak menggunakan aplikasi ethnoedugames. Kata Kunci : Aplikasi Ethno-Edugames, Penguasaan Konsep, Pretest, Posttest
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:31 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67164 |
Actions (login required)
View Item |