Ramadhini , Aliya Suci, 195040040 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Kreativitas adalah salah satu penunjang proses pembelajaran oleh karena itu berpikir kreatif adalah salah satu hal penting yang harus di perhatikan pada saat proses pembelajaran berlangasung. Untuuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa dalam pelajaran biologi ini, penulis menggunakan aplikasi ethnoedugames dalam megukur peningkatan berpikir kreatif pada siswa kelas XI dalam materi sistem koordinasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMA PGRI 31 Pangalengan, pada pelitian kali ini penulis menggunaka desain penelitian kualitatif dengan metode quasyeksperimen dengan menggunakan test yaitu pretest dan postest dengan jumlah soal masing masing 20 soal pilihan ganda, penulis juga menggunakan sistem non tes dengan penyebaran angket untuk pengumpulan data kuantitatif sebagai respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugames dan pemahamana siswa terhadapa materi yang disampaikan. Dari hasil uji T menunjukan jumlah sig. 0,00<0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam peningkatan berpikir kreatif siswa hasil N-Gain yang didapat pada kelas eksperimen senilai 0,73 temasuk kategori sedang, lalu pada kelas kontrol N-Gain senilai 0,45 yang termasuk kategori sedang. Untuk hasil angket siswa mayoritas mendapatkan hasil yang positif terhadap penggunaan aplikasi ethno-edugames dinyatakan cukup efektif untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : aplikasi, Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 07:19 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 07:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67009 |
Actions (login required)
View Item |