Fawwaz, Nabilah (2023) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA SISWA KELAS X SMA BPI 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
Lembar Persetujuan.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada permasalahan Pengungkapan diri (Self Disclosure) siswa di SMA BPI 1 Bandung kepada orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh positif secara langsung maupun tidak langsung dari Komunikasi Interpersonal Orang tua terhadap Self Disclosure siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis) melalui pengumpulan data kuisioner dengan jenis skala likert guna mengguji hipotesis antara variabel Komunikasi Interpersonal orang tua dengan variabel Self Disclosure. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu uji validitas, uji realibilitas, analisis data menggunakan analisis jalur (simultan dan parsial), uji hipotesis lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Self Disclosure secara simultan bahwa nilai Fhitung (34.886) jauh lebih besar dari nilai Ftabel (2.51), dengan tingkat signifikansi 0.00 < 0.05. Sedangkan penelitian secara parsial diketahui bahwa Keterbukaan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Self Disclosure siswa (Y) sebesar 28.50%. Empati (X ) tidak berpengaruh secara signifikan 2 terhadap Self Disclosure (Y) sebesar 13.90%.Sikap Mendukung (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Self Disclosure (Y) sebesar 19.60%. Sikap Positif (X ) tidak berpengaruh signifikan terhadap Self Disclosure (Y) sebesar - 4 7.1%. Kesetaraan (X ) berpengaruh secara signifikan terhadap Self Dislosure (Y) 5 sebesar 39.70%. Pada hasil penelitian tersebut, diperoleh bahwa variabel komunikasi interpersonal secara simultan memiliki pengaru yang signifikan terhadap Self Disclosure siswa di SMA BPI 1 Bandung, namun secara parsial terdapat beberapa dimensi komunikasi interpersonal yang berpengaruh positif cukup rendah hingga tidak berpengauh sama sekali. Secara parsial, dimensi Keterbukaan (X ) dan 1 Kesetaraan (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Self Dislcosure Siswa (Y). Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Self Disclosure, Siswa, Orang Tua
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 02:21 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 02:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66955 |
Actions (login required)
View Item |