IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

YUNINGSIH, WINDIA, 195040032 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penguasaan konsep merupakan istilah yang mengacu pada kemampuan siswa untuk memahami konsep meningkat setelah mereka mengikuti latihan pembelajaran, agar siswa dapat memahami, menerima dan mengaplikasikan materi pembelajaran. Mengukur dan mengetahui penguasaan konsep siswa melalui hasil dari penliaian belajar, penulis menggunakan aplikasi ethno-edugames yang menjadi dasar dalam penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penggunaan aplikasi ethno-edugames dalam permainan bebentengan untuk meningkatkan penguasaan konsep belajar siswa. Subjek alam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Mipa 4 dan XI Mipa 6 di SMA Pasundan 1 Bandung. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode quasy eksperimen melalui pretest dan posttest sebanyak 25 soal untuk memperoleh data kuantitatif penguasaan materi setelah diberi perlakuan. Dan juga menggunakan angket dalam pengumpulan data kuantitatif sebagai respon siswa terhadap aplikasi ethnoedugames. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,75 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 0,45. Dari data tersebut dapat disimpulkan penggunaan aplikasi ethno-edugames lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Kata Kunci : Ethno edugames, Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:23
Last Modified: 04 Oct 2023 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66692

Actions (login required)

View Item View Item