Aisyah, Sipa (2023) FENOMENA ROLEPLAYER DI MEDIASOSIAL TWITTER (Studi Fenomena Original Character Roleplayer Di Media Sosial Twitter). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Judul dari penelitian ini adalah “Fenomena Roleplayer Di Media Sosial Twitter”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif apa yang mendorong para roleplayer bergabung ke dunia original chatacter roleplay, tindakan apa yang terjadi kepada roleplayer setelah bergabung ke dunia tersebut, bagaimana para roleplayer memaknai dunia original character roleplay menurut sudut pandang mereka masing-masing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teori Fenomenologi, kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Para pemain original character roleplay memiliki motif, tindakan dan makna yang beda beda. Kebanyakan para pemain begabung ingin menyalurkan hobi menulis mereka, ada juga yang memang sekedar penasaran dan akhirnya bergabung dan bertahan hingga saat ini. Original character roleplay juga dijadikan media untuk mencari teman secara virtual, para roleplayer juga bergabung ke dunia original character roleplay karena lebih suka berinteraksi melalui chat. Maka dari itu para roleplayer memutuskan untuk bermain original character roleplay. Tentu ada perubahann yang terjadi pada para roleplayer setelah bermain original character roleplay contohnya seperti roleplayer jadi lebih kreatif karena dituntut untuk bisa mengedit kebutuhan profile agar lebih menarik, para roleplayer juga jadi lebih memahami perasaan orang lain dan lebih berhati-hati dalam mengetik sesuatu. Efek negatifnya dengan bermain rolepay membuat para roleplayer jadi kurang produktif, karena terlalu fokus bermain. Beberapa dari roleplayer memaknai original character roleplay sebagai tempat healing, refreshing dari kehidupan nyata. Kata kunci: Roleplay, Original Character Roleplay, Motif, Tindakan, Makna
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 06:38 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 06:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66684 |
Actions (login required)
View Item |