PUTRI, KHARISMA DAMAYANTI JUNAEDI (2023) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA ANAK DALAM MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “POLA KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA ANAK DALAM MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE.” Pada zaman yang serba canggih saat ini aktivitas dilakukan dengan menggunakan teknologi. Yang mana perkembangan teknologi saat ini semakin lama kian pesat sehingga banyak mempengaruhi ke dalam cara kerja, pola pikir, serta hiburan untuk manusia. Pada saat ini sangat mudah mencari informasi tentang hiburan melalui internet contohnya seperti permainan game online. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi orang tua dan anak dalam mengatasi kecanduan game online serta dilihat dari beberapa faktor pola komunikasi interpersonal. Tujuan pola komunikasi orang tua dan anak tersebut dibagi beberapa faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif Terori yang digunakan adalah Teori Atribusi yang dikembangkan oleh Fritz Heider (1958). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara Studi Keputusan, Studi Lapangan dan Observasi Wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor eksternal menunjukan bahwa ajakan teman lebih dominan di bandingkan dari kemauan dirinya sendiri. Jadi adanya dorongan dari interaksi sosial dan pengaruh lingkungan sosial. Dengan kecanduan game online membuat anak menjadi perubahan sikap menjadi cuek mulai tidak mendengarkan perintah orang tua dan menjadi temperamental. Faktor internal menunjukan bahwa timbulnya rasa penasaran yang tinggi membuat anak menjadi kecanduan. Orang tua berusaha mengalihkan anak agar tidak terus menerus bermain game online, dengan cara mengalihkan anak bermain keluar bersama teman- temanya sehingga anak menjadi lupa dengan gadgetnya. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil wawancara informan: Banyak orang tua menyadari perubahan sikap semenjak bermain game online, menjadi cuek, males belajar dan menjadi temperamental. Awal mula anak bermain game online karena ajakan dari teman yang awalnya tidak tertarik menjadi tertarik dan bermain bersama. Cara orang tua mengatasi agar anak tidak kecanduan game online tidak membelikan kuota dan meminta anak agar bermain bersama temanya keluar. Tujuan anak bermain game online karena ingin menjadi pro-player dan mengikuti perlombaan. Saran yang dapat disamapaikan dalam penelitian ini yaitu, diharapan dapat menjadi masukan bagi para orang tua mengenai pola komunikasi orang tua dalam mengatasi kecanduan game online, mulai dari mengawasi anak saat bermain game online, bersikap tegas, dan mengalihkan anak dari gadget agar tidak kecanduan bermain game online. Kata kunci : Pola Komunikasi, Orang Tua Dan Anak, Game Online
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 06:33 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 06:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66681 |
Actions (login required)
View Item |