Ramadhan, Berkah Tian (2023) STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL INFOUNPAS DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI DI UNIVERSITAS PASUNDAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Akun Media Sosial Instagram @infounpas). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan @infounpas melalui media sosial Instagram. Peneliti menggunakan Teori New Media dan Model Social Media The Circular Model Of SOME berdasarkan perencanaan strategi komunikasi yang memiliki beberapa aspek yaitu membagikan (share), mengoptimalkan (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). @infounpas adalah sarana media informasi mahasiswa yang memberikan sarana informasi kepada mahasiswa Universitas Pasundan dengan cara yang lebih santai tetapi menarik untuk dilihat, dan juga memanfaatkan perkembangan teknologi. Akun ini telah berkembang menjadi sarana media informasi untuk mendapatkan informasi dan segala hal mengenai perkuliahan untuk mahasiswa Universitas Pasundan dan pada tahun 2023 memiliki 34,1 ribu pengikut atau followers. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dimana teknik dan proses pengumpulan datanya melalui studi literatur, observasi, dan wawancara dengan paradigma kontruktivisme. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 11 (sebelas) orang meliputi 1 (satu) informan kunci, 1 (satu) informan utama, 1 (satu) informan akademisi dan 8 (delapan) informan pendukung. Hasil penelitian strategi komunikasi media sosial yang dilakukan oleh @infounpas dalam memberikan informasi seputar akademik mahasiswa seperti informasi PMB, beasiswa, perkuliahan, hingga wisuda, dan juga berisi konten selingan yang berisi keresahan atau konten hiburan yang ditujukkan kepada audiens yaitu mahasiswa Universitas Pasundan. Akun ini sudah cukup efektif untuk menarik minat audiensnya. @infounpas telah membagikan (share) konten yang berisi informasi sudah tepat sasaran dan cepat tersampaikan, penggunaan Instagram oleh @infounpas untuk mengoptimalkan (optimize) membuat isi konten yang menarik dari desain visual menyesuaikan dengan selera audiens yaitu selalu mengikuti perkembangan trend yang sedang viral, dalam pengelolaan (manage) dengan cara mengedepankan membuat konten informasi yang berkualitas dan informatif dengan cara selalu mengunggah konten di jam prime time, serta penggunaan Instagram @infounpas mampu melibatkan (engage) audiens dalam berinteraksi di media sosial dengan memaksimalkan kreatifitas dari setiap konten yang diunggahnya dan memanfaatkan fitur yaitu kolom komentar dan juga fitur Direct Messages (DM). Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Perencanaan Strategi, New Media
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 02:29 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 02:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66640 |
Actions (login required)
View Item |