JESSICA, AUDRY (2023) DIPLOMASI PARIWISATA MELALUI FIFA WORLD CUP 2022 DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA BERDAYA SAING GLOBAL DI QATAR. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
Menjadi tuan rumah pagelaran olahraga merupakan cara yang tepat untuk melakukan diplomasi pariwisata dengan tujuan meningkatkan nation branding, banyak negara yang berlomba untuk bisa menjadi tuan rumah pada acara pagelaran olahraga karena memang olahraga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, salah satu event atau pagelaran olahraga yang terbesar adalah Piala Dunia Sepak Bola atau FIFA World Cup. Kejuaraan ini telah diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak tahun 1930, dan telah dilaksanakan sebanyak 22 kali, dengan tuan rumah piala dunia yang terakhir dilaksanakan yaitu di Qatar. Qatar telah mengambil langkah-langkah untuk mengembangkan dirinya sebagai pusat olahraga dengan menjadi tuan rumah FIFA World Cup 2022. Acara olahraga akbar di Qatar ini merupakan kontributor besar bagi perkembangan sektor pariwisata. Arah kebijakan luar negeri Qatar berangsur-angsur berubah dari yang sebelumnya pendapatan terbesarnya berasal dari minyak dan gas kini mulai menemukan strategi baru untuk mempertahankan posisi geopolitiknya, strateginya adalah diplomasi olahraga. Terlihat jelas dalam upaya Qatar menyelenggarakan event olahraga internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Qatar dalam meningkatkan nation brandingnya dan mengetahui diplomasi pariwisata yang dilakukan Qatar melalui FIFA World Cup 2022 dalam meningkatkan pariwisata berdaya saing global di Qatar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan untuk memaparkan upaya apa saja yang dilakukan oleh Qatar dalam mencapai kepentingannya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa secara keseluruhan dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dapat membantu meningkatkan nation branding Qatar di mata dunia, baik dari segi pariwisata, budaya, ekonomi, maupun infrastruktur. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu meningkatkan pariwisata berdaya saing global di negara tersebut. Kata Kunci: Piala Dunia FIFA 2022, Pariwisata, Qatar, Nation Branding
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 02:21 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 02:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66324 |
Actions (login required)
View Item |