FIRDIANI, RISMA (2023) UPAYA SM ENTERTAINMENT SEBAGAI INSTRUMEN DIPLOMASI PUBLIK KOREA SELATAN MELALUI NEO CULTURE TECHNOLOGY (NCT) DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan kebudayaan bagi masyarakat internasional saat ini sudah tidak dapat di abaikan, terutama fenomena hallyu. Sejak tahun 1990-an, pemerintah Korea Selatan telah merencanakan hallyu untuk diperkenalkan kepada dunia. Bermula dari Jepang dan Cina pada tahun 2000-an, kini fenomena hallyu telah menyebar dan berhasil menarik perhatian seluruh warga di dunia. Keberhasilan tersebut tidak hanya dilakukan oleh pemerintahnya, akan tetapi aktor lain pun ikut serta dalam menyebarkan budaya Korea Selatan kepada dunia. Salah satu aktor yang sejak dulu aktif dalam memberikan kontribusinya terhadap perkembangan hallyu adalah SM Entertainment SM Entertainment ditunjuk oleh pemerintah Korea Selatan sebagai aktor diplomasi setelah mereka berhasil membuka jalan diplomasi di Jepang dan Cina dengn keberhasilan para artisnya berpromosi disana. Sejak saat itu, SM Entertainment terus memperluas ekspansi globalnya diberbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Melihat antusiasme positif dan minat terhadap artisnya yang tinggi, SM Entertainment akhirnya memanfaatkan hal tersebut untuk menyebarkan budaya Korea Selatan agar mendapatkan citra positif terkhusus melalui salah satu produknya yaitu Neo Culture Technology (NCT). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah agar dapat mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh SM Entertainment sebagai salah satu aktor diplomasi Korea Selatan melalui Neo Culture Technology (NCT) serta peran perusahaan SM Entertainment yang memanfaatkan fenomena hallyu sebagai pengimplementasian dari diplomasi publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan studi literature dengan mengumpulkan informasi berdasarkan literature yang dianalisis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalsis, menyeleksi, dan merangkum data. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu upaya yang dilakukan oleh SM Entertainment sebagai instrumen diplomasi Korea Selatan melalui NCT adalah dengan cara melokalkan para artisnya dengan membuat sebuah konten melalui media sosial youtube agar lebih dekat dengan penggemar serta dapat meningkatkan citra positif bagi negara. Tidak hanya itu, SM Entertainment juga melakukan strategi memperluas ekspansi global dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Indonesia. Kata kunci: SM Entertainment, Diplomasi Publik, Neo Culture Technology, Korea Selatan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 07:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65271 |
Actions (login required)
View Item |