ANALISIS WACANA PEMBERITAAN THRIFTING DALAM MEDIA ONLINE DI PASAR GEDEBAGE

Sari, Apika Nandria (2023) ANALISIS WACANA PEMBERITAAN THRIFTING DALAM MEDIA ONLINE DI PASAR GEDEBAGE. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan (TTD).pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS WACANA PEMBERITAAN THRIFTING PADA MEDIA ONLINE DI PASAR GEDEBAGE”. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui wacana berita adanya larangan baju bekas impor di tengah tren thrifting dalam media online detik.com, kompas.com , dan cnbc Indonesia yakni dimensi teks, dan dimensi konteks sosial. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas sosial Peter L. Berger dan Luckmann. Metode dalam penelitiani ni menggunakan metode penelitian kualitatif, dan analisis wacana Teun A. Van Dijk.. Teknik penggunaan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, dokumentasi, serta wawancara mendalam. Informan dari penelitian ini berjumlah 8 informan, yang terdiri dari 2 informan kunci, 1 informan ahli, 1 informan akademis, dan 4 informan pendukung atau penikmat thrifting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada dimensi teks, detik.com, kompas.com, dan cnbc Indonesia lebih banyak memberikan tanggapan- tangapan dari para narasumber ahli atau pihak yang berwenang di dalam adanya larangan baju bekas impor, menyampaikan himbauan atau peringatan kepada masyarakat yang masih berjualan dengan memasukkan beberapa aturan dan larangan. Teks berita juga dilengkapi dengan komentar dan tanggapan dari masyarakat atau penikmat thrifting, serta penjual baju bekas impor untuk memperkuat informasi berita dengan melibatkan masyarakat. Pada dimensi kognisi sosial, detik.com, kompas.con, dan cnbc Indonesia melakukan konstruksi pemberitaan dari berbagai sudut pandang yaitu mulai dari adanya larangan baju bekas impor, aturan-aturan atau kebijakan dari pemerintah kepada para penjual yang masih melakukan impor baju bekas. Sedangkan dimensi konteks sosial, detik.com, kompas.com, dan cnbc Indonesia berperan sebagai media yang memberikan informasi adanya larangan baju bekas impor oleh Presiden RI di tengah adanya tren thrifting. Kata Kunci: Analisis Wacana, Thrifting, Berita Online, Detik.com, Kompas.com, CNBC Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:45
Last Modified: 25 Sep 2023 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65235

Actions (login required)

View Item View Item