Sari, Apika Nandria (2023) ANALISIS WACANA PEMBERITAAN THRIFTING DALAM MEDIA ONLINE DI PASAR GEDEBAGE. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
Cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan (TTD).pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “ANALISIS WACANA PEMBERITAAN THRIFTING PADA MEDIA ONLINE DI PASAR GEDEBAGE”. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui wacana berita adanya larangan baju bekas impor di tengah tren thrifting dalam media online detik.com, kompas.com , dan cnbc Indonesia yakni dimensi teks, dan dimensi konteks sosial. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas sosial Peter L. Berger dan Luckmann. Metode dalam penelitiani ni menggunakan metode penelitian kualitatif, dan analisis wacana Teun A. Van Dijk.. Teknik penggunaan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, dokumentasi, serta wawancara mendalam. Informan dari penelitian ini berjumlah 8 informan, yang terdiri dari 2 informan kunci, 1 informan ahli, 1 informan akademis, dan 4 informan pendukung atau penikmat thrifting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada dimensi teks, detik.com, kompas.com, dan cnbc Indonesia lebih banyak memberikan tanggapan- tangapan dari para narasumber ahli atau pihak yang berwenang di dalam adanya larangan baju bekas impor, menyampaikan himbauan atau peringatan kepada masyarakat yang masih berjualan dengan memasukkan beberapa aturan dan larangan. Teks berita juga dilengkapi dengan komentar dan tanggapan dari masyarakat atau penikmat thrifting, serta penjual baju bekas impor untuk memperkuat informasi berita dengan melibatkan masyarakat. Pada dimensi kognisi sosial, detik.com, kompas.con, dan cnbc Indonesia melakukan konstruksi pemberitaan dari berbagai sudut pandang yaitu mulai dari adanya larangan baju bekas impor, aturan-aturan atau kebijakan dari pemerintah kepada para penjual yang masih melakukan impor baju bekas. Sedangkan dimensi konteks sosial, detik.com, kompas.com, dan cnbc Indonesia berperan sebagai media yang memberikan informasi adanya larangan baju bekas impor oleh Presiden RI di tengah adanya tren thrifting. Kata Kunci: Analisis Wacana, Thrifting, Berita Online, Detik.com, Kompas.com, CNBC Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:45 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65235 |
Actions (login required)
View Item |