Ramlan, Ramlan (2017) KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERBASIS PENDIDIKAN BERKARAKTER DI KOTA KARAWANG JAWA BARAT. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2 (1). pp. 67-77. ISSN 2548-2297
|
Text
KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERBASIS PENDIDIKAN BERKARAKTER DI KOTA KARAWANG JAWA BARAT.pdf Download (478kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran matematika yang melibatkan pengetahuan moral, perasaan moral dan tindakan moral, akan melahirkan bangsa yang cerdas dan berkarakter. Hal ini sangat tergantung pada guru, sebab implementasi pendidikan karakter dimulai dari kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran matematika yang berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD). Dilihat dari aspek pengetahuan dan kesiapan, dapat disimpulkan bahwa guru-guru sekolah dasar belum siap untuk melaksanakan pembelajaran matematika yang berbasis pendidikan karakter. Kepada guru-guru sekolah dasar disarankan untuk meningkatkan kompetensinya, dengan melakukan studi terhadap konsep dan kebijakan tentang pendidikan karakter bangsa. Konsep dan kebijakan yang dimaksud adalah : Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025; Desain Induk Pendidkan Karakter Tahun 2010; dan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Tahun 2010. Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Pendidikan Karakter
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 02:17 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 02:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65180 |
Actions (login required)
View Item |