Fazriansyah, Muhammad Rafly (2023) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI NASDEM JELANG PILKADA KOTA BANDUNG 2024 (Perencanaan Komunikasi Politik DPD Partai NasDem Kota Bandung Pada Bakal Calon Walikota Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
ABSTRAK_ M.RAFLY FAZRIANSYAH 192050455.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_M. RAFLY FAZRIANSYAH 192050455.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_M.RAFLY FAZRIANSYAH 192050455.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_M. RAFLY FAZRIANSYAH 192050455.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
COVER M. RAFLY FAZRIANSYAH 192050455.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR M. RAFLY FAZRIANSYAH 192050455.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_ M.RAFLY FAZRIANSYAH 192050455.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Strategi komunikasi politik merupakan tentang bagaimana proses yang terjadi di dalam pemenangan suatu pertarungan politik oleh partai politik, atau secara langsung, oleh seorang calon Legislatif atau calon pimpinan daerah, yang menghendaki kekuasaan dan pengaruh sebesar-besarnya di tengah-tengah masyarakat sebagai konstituennya. Pilkada Kota Bandung 2024 menjadi momen penting bagi Partai NasDem untuk memperkuat kehadirannya dan memenangkan dukungan masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi. Penelitian dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi komunikasi politik Partai NasDem jelang menghadapi Pilkada Kota Bandung 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, studi pustaka dan analisis konten untuk mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan politik dengan menggunakan teori Marketing Politik (Firmanzah, 2008). Hasil penelitian ini menunujkan bahwa komunikasi politik yang digunakan oleh DPD Partai NasDem Kota Bandung adalah melalui segmentasi, positioning, branding, media dan non media. Adapun segmentasi sasaran dilakukan oleh DPD Partai NasDem Kota Bandung untuk memudahkan pelaksanaan strategi komunikasi politiknya dengan sasaran komunikasi politik dibagi berdasarkan umur dan daerah basis. Berdasarkan umur, DPD Partai NasDem menggunakan pendekatan berbeda kepada pemilih muda dan tua. Positioning dengan menempatkan produk partai politik ditempat atau lokasi yang strategis untuk dapat dilihat dan diingat dibenak masyarakat. Branding dilakukan oleh partai politik untuk mengenalkan dan menciptakan citra positif, kemudian dalam penggunaan media dan non media digunakan melalui media sosial dan kunjungan langsung ke rumah-rumah warga setempat. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Politik, Partai Politik, NasDem, Pilkada Bandung
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 06:19 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 03:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65116 |
Actions (login required)
View Item |