PENGGUNAAN MULTIMEDIA DIKEMBANGKAN DENGAN POWERPOINT INTERAKTIF SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI

DARI, SRI WULAN, 195040004 (2023) PENGGUNAAN MULTIMEDIA DIKEMBANGKAN DENGAN POWERPOINT INTERAKTIF SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KAVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kesulitan peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam penguasaan pokok materi sistem respirasi dalam konteks pembelajaran biologi. Kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah dikarenakan cenderung menghafal pembelajaran daripada memahaminya khususnya pada pembelajaran Biologi yang bersifat abstrak atau sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia yang dikembangkan dengan powerpoint interaktif sebagai komponen TPACK dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Sistem Respirasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk one group pretest-postest desain dengan populasi peserta didik kelas XI MIA di SMAN 1 Ciasem. Sampel yang digunakan pada kelas XI MIA 5 yang berjumlah 35 orang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan multimedia yang dikembangkan dengan powerpoint interaktif sebagai komponen TPACK dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem respirasi dengan nilai Gain rata-rata 12,73 dan N-Gain didominasi kategori peningkatan sedang (0,33 ≤ N-Gain ≤ 0,60). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, penggunaan multimedia yang dikembangkan dengan powerpoint interaktif sebagai komponen TPACK dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem respirasi. Berdasarkan penelitian ini disarankan memilih multimedia interaktif yang berbeda dengan memperkirakan estimasi waktu dalam pembuatan multimedia. Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, Powerpoint interaktif, TPACK

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:14
Last Modified: 11 Sep 2023 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65045

Actions (login required)

View Item View Item