IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI

OKTAVIANTI, SARI, 195040031 (2023) IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan menganalisis suatu permasalahan berdasarkan fakta untuk ditarik sebuah kesimpulan. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan peserta didik khususnya dalam pelajaran Biologi yang bersifat abstrak dan memerlukan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi multimedia interaktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPA 4 SMA Kartika XIX-I Bandung yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan multimedia interaktif yang dikembangkan dengan articulate storyline 3.0 sebagai komponen TPACK mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem respirasi dengan gain rata-rata 37,89 dan didominasi oleh kategori peningkatan tinggi (0,73 ≤ N-Gain ≤ 1). Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dengan articulate storyline 3.0 mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memaksimalkan penggunaan fitur-fitur dalam membuat multimedia interaktif. Kata Kunci :Multimedia Interaktif, TPACK, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Respirasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:22
Last Modified: 11 Sep 2023 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65038

Actions (login required)

View Item View Item