IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI EKOSISTEM

SULAEMAN, MEIRISKA FITRIAWATTY, 195040069 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (892kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan tingkat pengetahuan berupa pemahaman materi yang dicapai siswa sesudah dilaksanakannya kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan penggunaan media pembelajaran aplikasi ethno-edugames (bebentengan). Partisipan dalam penelitian menggunakan sebanyak 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group menggunakan 25 soal pretest dan 25 soal post-test serta angket respon siswa. Hasil perhitungan ratarata nilai N-Gain siswa kelas eksperimen sebesar 0,78 dengan kategori tinggi yang lebih baik dibandingkan siswa kelas kontrol sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Pada hasil angket respon siswa terhadap penggunaan aplikasi ethno-edugames (bebentengan) sebagai media pembelajaran, siswa menunjukkan respon yang positif. Berdasarkan data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi ethnoedugames (bebentengan) sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi ekosistem di SMA Pasundan 1 Bandung. Kata Kunci : Aplikasi Ethno-Edugames (Bebentengan), Hasil Belajar, Ekosistem

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:01
Last Modified: 11 Sep 2023 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65031

Actions (login required)

View Item View Item