NAUBA, ANIQI SALSABILA, 195040010 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.KAVER.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7.ABSTRAK.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
9.BAB 1.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
10.BAB II.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text
11.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
||
Text
12.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
Text
13.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan teknologi yang berdampingan dengan pembawaan transformasi digital telah meningkatkan mutu pendidikan, serta menjadi peluang menciptakan sebuah inovasi pembelajaran, salah satunya yaitu membuat aplikasi ethno-edugames yang berisikan permainan tradisional (bebentengan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa dengan menggunakan aplikasi ethno-edugames (bebentengan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy Experiment dengan desain penelitian Non-equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas kontrol sebanyak 34 siswa yang dilakukan disekolah menengah pertama di Kabupaten Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest dan angket respon siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan nilai rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 51,86 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 81,33 dengan perolehan nilai n-gain sebesar 0,61 termasuk kategori sedang. Selanjutnya untuk rata-rata nilai pretest kelas kontrol adalah 58 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 74 dengan perolehan nilai n-gain sebasar 0,33 termasuk kategori rendah. Lalu berdasarkan hasil angket respon siswa, secara umum siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan aplikasi ethno-edugames (bebentengan). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ethno-edugames (bebentengan) dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa sekolah menengah pertama. Kata kunci : Ethno-edugames, penguasaan konsep siswa, sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 06:53 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 06:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65018 |
Actions (login required)
View Item |