Putri, Syelvia Aprilian Eka (2023) IMPLEMENTASI KAMPANYE RIVER CLEANUP INDONESIA DALAM UPAYA MENGURANGI SAMPAH SUNGAI DI KAWASAN BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kampanye Program River Cleanup Day). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
COVER-SYELVIA.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-SYELVIA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR-SYELVIA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI-SYELVIA.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR-SYELVIA.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN-SYELVIA.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK-SYELVIA.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-SYELVIA.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-SYELVIA.pdf Download (601kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “IMPLEMENTASI KAMPANYE RIVER CLEANUP INDONESIA DALAM UPAYA MENGURANGI SAMPAH SUNGAI DI KAWASAN BANDUNG” (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kampanye Program River Cleanup Day). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kampanye yang dilakukan oleh River Cleanup Indonesia pada kampanye program River Cleanup Day. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Model Komponensial Kampanye untuk melihat berdasarkan analisis komunikasi yang memiliki beberapa aspek yaitu campaigner (pelaku), pesan, saluran, dan campaignee (khalayak). Juga menggunakan Teori Perilaku Terencana untuk melihat bagaiamana seseorang dapat mewujudkan perilaku karena adanya perencanaan yang sudah dibentuk sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitia ini yaitu 5 (lima) orang yang terdiri dari 2 (dua) informan kunci, 1 (satu) informan akademisi, 2 (dua) informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa River Cleanup Indonesia menjadi pelaku tunggal dalam kampanye River Cleanup Day dengan mengetahui target sasaran yang sudah ditentukan sebelumnya kemudian dalam merancang pesan yang menyesuaikan dengan khalayak River Cleanup Indonesia, pesan terdiri dari beberapa konsep yang sudah dibentuk. Diketahui, River Cleanup Indonesia juga memanfaatkan adanya media sosial Instagram dan Tiktok dalam proses pelaksanaan kampanye agar mampu menjangkau khalayak secara luas. Adanya pola perubahan perilaku pun didasari dengan adanya rasa kegelisahan oleh masyarakat tentang kondisi sampah di Indonesia yang masih menjadi sebuah permasalahan yang tak kunjung selesai. Kata Kunci: Implementasi Kampanye, Perubahan Perilaku, River Cleanup Day, Sampah Sungai
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:52 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64943 |
Actions (login required)
View Item |