HERMAWATI, UGI, 195040028 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah membawa perubahan pada setiap aspek kehidupan manusia, khususnya berdampak terhadap menurunnya eksistensi permainan tradisional dikarenakan generasi penerus bangsa lebih memilih untuk memainkan permainan yang ada pada smartphone. Hal ini dapat menyebabkan efek kecanduan sehingga berdampak juga terhadap menurunnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar yaitu diperlukannya strategi dan metode pembelajaran yang ditunjang oleh media pembelajaran. Berdasarkan solusi dari upaya tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi pembelajaran menggunakan aplikasi ethno-edugames (bebentengan). Metode penelitian yang diterapkan yaitu quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pre-test dan post-test serta kuesioner persepsi siswa. Penelitian ini menggunakan kelompok sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasil penelitian ini yaitu memperoleh N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 12,51 dengan rata-rata nilai pre-test 46,07 dan post-test 69,79 sedangkan kelas kontrol memperoleh NGain sebesar 4,56 dengan rata-rata nilai pre-test 45,66 dan post-test 55,45. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diperoleh hasil sig. 2-tailed 0,000 < 0,05 maka hipotesis penelitian Ha diterima yang berbunyi “Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol”. Adapun hasil kuesioner persepsi siswa terhadap hasil belajar ataupun aplikasi ethno-edugames (bebentengan), seluruhnya memperoleh persepsi siswa dengan persentase yang dikategorikan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa tertinggi diperoleh kelas eksperimen sehingga penelitian ini menunjukkan bagaimana implementasi aplikasi ethno-edugames (bebentengan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa tingkat sekolah dasar. Kata kunci: Ethno-edugames (Bebentengan), Hasil Belajar, Implementasi, Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 02:10 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 02:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64799 |
Actions (login required)
View Item |