FITRI, MEILANI, 195040042 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
2. LP PEMBIMBING.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. LP PENGUJI.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
10. RINGKESAN.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (819kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
||
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang diberikan pada suatu lembaga pendidikan harus dapat meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan berpikir kritis siswa, serta sikap siswa saat belajar juga perlu diperhatikan. Pembelajaran yang dilakukan harus sesuai kondisi siswa dengan mengikuti perkembangan teknologi. Saat ini siswa tidak dapat dipisahkan dengan pemakaian smartphone, maka dari itu peneliti melakukan penelitian mengenai penggunaan smartphone melalui aplikasi ethno-edugames dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah implementasi aplikasi ethno-edugames dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa di salah satu SMP Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pre-test post-test dan instrumen non-tes berupa kuesioner hasil belajar dan kuesioner respon siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini dua kelompok kelas VIII yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah melakukan penelitian diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan perolehan nilai n-gain pada kelas eksperimen 0,30 dan kelas kontrol 0,10. Berdasarkan hasil kuesioner hasil belajar nilai rata-rata persentase indikator pengetahuan materi, kedisiplinan ketika pembelajaran, penerapan materi dalam kehidupan sehari-hari, dan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan berdasarkan kuesioner respon siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata baik pada indikator pengoperasian aplikasi dan kelengkapan fitur serta sangat baik pada indikator ethno-edugames sebagai media pembelajaran dan daya tarik aplikasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi ethno-edugames (bebentengan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada materi sistem ekskresi. Kata Kunci: Ethno-edugames, Hasil Belajar, Smartphone
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 01:31 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 01:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64789 |
Actions (login required)
View Item |