IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

AZIZAH , RIZKA PUTRI NUR, 195040006 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di abad 21 mengharuskan dunia pendidikan mengikuti perkembangan zaman dengan upaya melakukan sebuah inovasi yang positif seperti implementasi media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi aplikasi ethno-edugames (bebentengan) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VIII sebanyak 31 siswa kelas eksperimen dan sebanyak 32 siswa kelas kontrol di salah satu sekolah menengah pertama negeri di Kota Bandung. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest kemampuan penguasaan konsep siswa, serta kuesioner respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugames (bebentengan) dan kuesioner penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan aplikasi ethno-edugames (bebentengan) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional dengan rata-rata n-gain kelas eksperimen 0,44 dan kelas kontrol 0,27. Respon yang diberikan oleh siswa terhadap penggunaan aplikasi ethno-edugames (bebentengan) pada umumnya siswa bersikap positif dengan menunjukkan sikap semangat, tidak mudah bosan, dan antusias. Dengan demikian, implementasi aplikasi ethno-edugames (bebentengan) dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa sekolah menengah pertama. Kata Kunci : Aplikasi Ethno-edugames (Bebentengan), Penguasaan Konsep, Smartphone

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:54
Last Modified: 22 Aug 2023 01:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64751

Actions (login required)

View Item View Item