Rachmasari, Silty Ayu, 195060125 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME QUIZWHIZZER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 253 PANGGUNGSARI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (735kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada aspek kognitif kelas V SDN 253 Panggungsari Kota Bandung, hal tersebut dikarenakan selama proses kegiatan belajar mengajar guru hanya sebatas menjelaskan dengan menggunakan papan tulis tanpa menggunakan media lain, sehingga pembelajaran cenderung memnbosankan hal ini membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk menerapkan media game QuizWhizzer terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media game QuizWhizzer dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen, desain Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas VA sebanyak 23 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VB sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang ditetapkan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media game QuizWhizzer. Hal dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 60,78 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 64,17 lalu pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 77,86 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 82,21. Pada hasil uji paired sample t test terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, lalu pada hasil uji effect size terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan nilai signifikasi 2,06 > 0,80. Kata Kunci: Game QuizWhizzer, pembelajaran tematik, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:29 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64612 |
Actions (login required)
View Item |